Pembelajaran P 5 Kurikulum Merdeka MTsN 2 Padang Melatih Peserta Didik Bersifat Kreatif, Inovatif dan Berjiwa Pancasila
MTsN 2 Padang, Humas—Pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas.
Hal itu terlihat dari
proses pembelajaran P5 yang berlangsung didalam kelas 7 dan 8 yang menjalankan
Kurikulum Merdeka saat ini.
Ada beberapa tema yang
diterapkan, antara lain Kewirausahaan, Gaya hidup berkelanjutan, Bangunlah jiwa
raganya, dan Kearifan lokal baik dikelas 7 maupun kelas 8.
Saat ini pembelajaran P
5 MTsN 2 Padang masih tahap awal pengenalan konsep dan penyusunan program dari
projek yang akan dikembangkan. Guru membimbing peserta didik untuk membuat
perencanaan apa kegiatan yang akan dilakukan, antara lain membagi kelompok, menentukan
topik/ kegiatan, membuat langkah langkah,
dll.
Dalam P 5 peserta didik
dituntut aktif dan kreatif menciptakan sesuatu bentuk karya atau produk sebagai
hasil akhir (projek) dari pembelajaran tersebut.
Waka Kurikulum MTsN 2
kota Padang Hendrawati saat dimintai keterangan mengatakan bahwa pembelajaran P5 diharapkan mampu membuat
peserta didik terlatih berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki jiwa
Pancasila.
Peserta didik secara
berkelompok akan terlibat saling bekerja sama dan berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas
projeknya. Nilai-nilai luhur Pancasila seperti Beriman kepada Tuhan YME,
Persatuan, Musyawarah, dll akan terwujud dalam kegiatan pelaksanaan projek P5
ini, tukasnya. (DI/ NF)
Komentar
Posting Komentar