Tahun Kedua Kurikulum Merdeka, Pembelajaran P 5 dan PPRA MTsN 2 kota Padang TP 2023/ 2024 Mulai Dilaksanakan
MTsN 2 Padang,
Humas—Salah satu hal penting yang tidak bisa dipisahkan dari Kurikulum Merdeka
adalah pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Panca Sila (P5). Di
Kementerian Agama P 5 ditambah dengan istilah Profil Pelajar Rahmatan lil
Alamin sehingga menjadi P 5 PPRA dan itu sebagai ciri khasnya.
Ditahun kedua Kurikulum
Merdeka TP 2023/ 2024 MTsN 2 kota Padang memulai pelaksanaan pembelajaran P 5
PPRA pada kelas/ tingkat 8 dan 7, Jumat (28/7/2023).
MTsN 2 kota Padang menjalankan
dua kurikulum yaitu kelas 7 dan 8 Kurikulum Merdeka sedangkan kelas 9 Kurikulum
2013 edisi revisi dengan sistem pembelajaran 2 shift yaitu pagi dan siang.
Pembelajaran P 5 bagi
kelas 8 dan 7 dijadwalkan pada hari Jumat. Guru mata pelajaran yang mengajar dikelas
8 dan 7 secara otomatis mengajar P 5 pada kelas tersebut. Maka ada 2-3 orang
guru yang mengajar P 5 didalam satu kelas.
Ada 7 tema P 5 yang
bisa dikembangkan dalam pembelajaran antara lain: 1) Gaya hidup berkelanjutan,
2) Kearifan lokal, 3) Bhinneka tunggal ika, 4) Bangunlah jiwa dan raganya, 5) Suara
demokrasi, 6) Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, dan 7) Kewirausahaan.
Kepala MTsN 2 kota
Padang Zulfadhli Alfa ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan kegiatan P 5
harus dilaksanakan secara terjadwal dan terstruktur karena ia adalah bagian
dari kurikulum merdeka yang tidak bisa dipisahkan.
Ia meminta kepada
jajaran guru-guru yang mengajar P 5 agar melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan petunjuk dan kebijakan yang diberikan oleh pihak madrasah. Saling berkomunikasi,
koordinasi dan berkolaborasi dengan sesama guru sangat diperlukan agar
pembelajaran P 5 berjalan dengan lancar dan sukses.
Wakil Kepala (Waka)
bidang Kurikulum MTsN 2 kota Padang Hendrawati menyebutkan bahwa kegiatan awal P
5 bagi kelas 7 yaitu pengenalan tentang konsep P 5 PPRA yang meliputi
pengertian, tujuan, manfaat, tema, dimensi, profil pelajar Panca Sila, dll.
Bagi kelas 8, kegiatan/
materi P 5 yang dipelajari adalah mengambil tema Gaya hidup berkelanjutan. Sedangkan
tema Kewirausahaan dan Kearifan lokal sudah selesai dilaksanakan dikelas 7.
Guru dengan peserta
didik boleh memilih tema yang diinginkan. Selama fase D, pembelajaran P 5 harus
menyelesaikan minimal 3 tema dari 7 tema yang ada, ungkapnya mengakhiri. (DI/
NF)
Komentar
Posting Komentar